Perhatikan Hal Ini Sebelum Pinjam Dana Lewat Fintech

  • Whatsapp
Aplikasi Pinjam Dana

Aplikasi pinjam dana yang kini marak ditawarkan beberapa fintech memudahkan masyarakat untuk mendapatkan uang tunai secara cepat dengan syarat yang mudah.

Tetapi, beberapa orang kadang-kadang tidak memahami cara kerja aplikasi pinjaman online. Terlebih jika pinjaman hanya digunakan untuk kebutuhan konsumtif semata.

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengajukan dana melalui fintech. Pahami produknya dan manfaatkan untuk kebutuhan produktif.

  1. Pinjam Dana Mudah, Cocok untuk Usaha

Fintech kini memang semakin beragam jenisnya. Ada yang khusus menyalurkan dana kepada debitur untuk berbagai kebutuhan, namun ada juga yang mengumpulkan dana dari masyarakat untuk investasi secara online.

Nah, mengingat bunga yang diberikan fintech cukup tinggi, lebih baik digunakan untuk kebutuhan produktif saja. Salah satu contohnya adalah digunakan untuk berusaha atau memulai usaha rumahan.

Alasannya, pinjam dana lewat fintech dianggap lebih mudah dengan syarat-syarat yang tidak terlalu memberatkan.

  1. Syarat Mudah, Cocok untuk Dana Darurat

Karena syarat yang mudah itulah, pinjam dana lewat fintech tak hanya dianjurkan untuk usaha produktif tetapi bisa juga menjadi alternatif saat memerlukan dana darurat. Apa saja dana darurat tersebut?

Misalnya dana untuk biaya pengobatan, perawatan, atau kebutuhan pembelian obat di apotek maupun rumah sakit.

Tapi, dengan syarat yang mudah tersebut, debitur juga harus jeli dengan kontrak perjanjian pinjaman. Agar tidak ada kesalahpahaman di kemudian hari.

  1. Pilih yang Sudah Terdaftar di OJK

Agar lebih aman dalam bertransaksi, periksa dulu apakah fintech yang dipilih sudah terdaftar di OJK secara resmi. Jika belum, sebaiknya segera dihindari. Meskipun begitu, OJK selalu getol melakukan operasi dan menginformasikan kepada masyarakat fintech ilegal mana saja yang tidak mendapatkan izin tetapi sudah beroperasi.

  1. Pinjam Hanya Sepertiga dari Penghasilan

Resep berutang yang aman sebenarnya cukup mudah. Jangan meminjam dana lebih dari sepertiga penghasilan. Dengan begitu, cicilan tetap ringan dan bisa dibayar sesuai jatuh tempo selama masa cicilan.

Beberapa orang yang tidak memahami cara mengatur keuangan, justru malah menganggap bahwa cicilan atau utang bisa diambil berapa pun tanpa memikirkan batas atau standar amannya.

  1. Tepati Janji, Lunasi Cicilan Sesuai Jatuh Temponya

Untuk menghindari denda dan bunga berjalan, segera lunasi cicilan sebelum jatuh tempo. Beberapa fintech biasanya memberikan pengingat berupa notifikasi baik itu melalui surat elektronik, pesan singkat, hingga telepon otomatis dari mesin. Dengan begitu, tidak ada cerita lagi menunggak cicilan hingga akhirnya terkena denda.

Nah, salah satu fintech yang sudah terdaftar di OJK serta menawarkan bunga yang kompetitif adalah Kredivo. Kredivo bisa diunduh melalui Google Play Store maupun App Store dengan sangat mudah.

Syarat Pendaftaran Pinjam Dana Lewat Kredivo

Mau pinjam dana lewat Kredivo? Daftar dulu dengan memenuhi persyaratan wajib berikut ini:

  1. Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Berusia antara 18 sampai 60 tahun.
  3. Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon.
  4. Berpenghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan.

Prasyarat tersebut harus dipenuhi terlebih dahulu karena akan lebih mudah mendapatkan persetujuan pinjam dana lewat Kredivo.

Kredivo memberikan kredit limit hingga Rp30 juta sesuai dengan kondisi finansial calon debitur. Semakin besar kredit limit yang diberikan, semakin banyak layanan yang bisa dimanfaatkan seperti belanja online tanpa bunga dengan pembayaran dalam 30 hari, bayar berbagai tagihan dalam satu akun, hingga pinjaman jumbo dan pinjaman mini mulai dari Rp500.

Tenor pinjaman dana cukup fleksibel mulai dari 30 hari, 3 bulan, dan 6 bulan. Sementara jika digunakan untuk belanja online, tenor cicilannya bisa hingga 12 bulan. Informasi tenor dapat diketahui lewat aplikasi Kredivo.

Untuk bunga pinjaman maupun belanja online yaitu 2.95 % per bulan. Sementara untuk pinjaman akan dikenakan biaya admin di muka sebesar 6% dari total pinjaman. Misalnya jika meminjam Rp1 juta, akan dipotong di muka sebesar Rp60 ribu. Sehingga dana yang akan ditransfer sebesar Rp960 ribu.

Jadi, itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum pinjam dana lewat fintech. Pahami cara kerjanya, bunga, admin, serta tenornya. Fintech yang terdaftar di OJK harus memberikan informasi secara transparan kepada calon debiturnya.

Tertarik dengan penawaran Kredivo? Unduh saja aplikasi resminya, lakukan pendaftaran, tunggu persetujuan, lalu ajukan pinjamannya dengan mudah.

Hosting Unlimited Indonesia

Related posts