Menjaga Pola Makan Dapat Mengecilkan Perut

  • Whatsapp
Menjaga Pola Makan Dapat Mengecilkan Perut

Mempunyai tubuh yang ideal, merupakan dambaan dari setiap orang, karena dengan tubuh yang ideal, akan timbul rasa percaya diri, sehingga kita biasanya mencoba berbagai cara untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Yang sering menjadi masalah utama dalam mendapatkan tubuh yang ideal ada perut kita yang buncit. Perut buncit selain bikin tidak nyaman bergerak, juga mengganggu penampilan. Selain olahraga, ada berbagai cara mengecilkan perut buncit. Tidak hanya dari makanan, perut buncit juga bisa disebabkan oleh beberapa aktivitas lain semisal kurang tidur, konsumsi alkohol, hingga malas berolahraga.

Demi mengatasinya, beberapa dari kita mungkin akan lebih rajin berolahraga untuk membakar lemak perut.[1] Dilansir dari Medical News Today, lemak visceral dikenal juga sebagai lemak perut bertugas untuk melepaskan hormon yang dapat menyebabkan diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan masalah kesehatan lainnya. Terkadang, lemak ini disebut dengan lemak aktif karena perannya dalam memproduksi berbagai hormon. Lemak satu ini sangat responsif terhadap makanan yang masuk ke dalam tubuh sehingga diet menjadi pilihan terbaik untuk mengurangi.

Namun, beberapa orang terkadang malas untuk melakukan aktivitas fisik untuk mengecilkan perut buncit. [2] Mengkonsumsi makanan dalam porsi besar dan mengkonsumsinya tidak secara tidak teratur jelas membuat perut kita perlahan meregang. Akibatnya perut kita menjadi buncit dan tidak bagus lagi. Kebiasaan makan dengan porsi besar itu membuat kita tidak mudah kenyang dan lama kelamaan dapat menaikan kadar lemak tubuh.

Selain berolahraga, ternyata dengan menjaga pola makan, kita dapat mengecilkan perut kita yang buncit. Berikut anjuran pola makan untuk mengecilkan perut kita:

  • Jangan lewatkan sarapan

Demi perut ramping, sebagian orang memilih mengurangi asupan kalori harian dengan tidak sarapan. Padahal, melewatkan sarapan hanya akan membuat tubuh terasa lemas dan nafsu makan semakin meningkat di siang hari. Selain membuat kita lebih berenergi sepanjang hari, sarapan juga membantu kita mengurangi keinginan ngemil sampai waktu makan siang tiba. Pilihlah menu sarapan sehat, seperti telur rebus, pisang, yoghurt, smoothies dari sayuran dan buah, atau minum teh hijau hangat di pagi hari dengan beberapa potong biskuit.

  • Kontrol porsi makan

Makan dengan porsi kecil namun sering juga efektif untuk mengecilkan perut. kita bisa mulai dengan mengurangi porsi makan setidaknya setengah dari porsi biasanya.

  • Perbanyak asupan serat dan protein

Memperbanyak konsumsi makanan kaya serat dan tinggi protein dapat membuat kita kenyang lebih lama, mengontrol nafsu makan, dan mencegah penumpukan lemak di perut kita. Beberapa jenis makanan yang merupakan sumber serat adalah gandum, oatmeal, serta buah dan sayuran, seperti alpukat, apel, sawi, mangga, jambu, dan kubis. Sedangkan makanan sumber protein antara lain daging tanpa lemak, ikan, telur, dan kacang-kacangan.

  • Kurangi asupan karbohidrat sederhana dan makanan olahan

Cara mengecilkan perut secara alami lainnya adalah dengan diet rendah karbohidrat. Hindari asupan karbohidrat sederhana, seperti makanan dan minuman manis, makanan bertepung, serta makanan cepat saji, karena dapat membuat timbunan lemak di perut bertambah. Sebagai gantinya, pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Selain itu, jangan lupa untuk minum air putih yang cukup dan menghindari konsumsi makanan yang banyak mengandung banyak garam (sodium/natrium).

  • Ganti asupan lemak jahat dengan lemak baik

Selain membuat lemak perut bertambah, asupan lemak jenuh juga tidak baik untuk kesehatan jantung. Hindari konsumsi makanan berminyak dan batasi konsumsi produk-produk olahan susu yang tinggi lemak, seperti keju dan margarin. Sebagai gantinya, kita bisa mengkonsumsi ikan, alpukat, dan kacang-kacangan. [3]

  • Minum air putih yang cukup

Trik berikutnya yang bisa kita coba adalah dengan minum air putih yang banyak. Delapan gelas air putih sehari akan membantu tubuh kita lebih sehat dan menetralisir segala macam bentuk lemak jahat, dan membantu perut terlihat lebih ideal.

Untuk mengecilkan perut menjaga pola makan seperti diatas, sangatlah penting. Selain itu meminum air putih yang berkualitas dan higienis, juga sama pentingnya untuk menjaga kebugaran dan penampilan tubuh.

Seperti yang kita tahu, bahwa AQUA diketahui sangat jelas dari mana asal air yang dipastikan kualitasnya. Jika sumber airnya tidak jelas, tentu kandungan mineralnya patut untuk dipertanyakan. AQUA berasal dari 17 sumber air pegunungan di Indonesia yang terbentang dari Sabang hingga Merauke. Dari sana, proses penyaringan alami dari batu-batuan vulkanis terjadi. Itulah yang memungkinkan keberadaan kandungan mineral di dalam air AQUA.

Untuk memastikan kemurnian, proses produksi pun dilakukan dengan standard higienis yang tinggi, memastikan tidak ada campur tangan manusia dalam prosesnya. Di dalam air AQUA memang terdapat sejumlah mineral yang bermanfaat bagi tubuh seperti natrium, kalium, flouride, kalsium, dan magnesium. Dalam menentukan sumber air, AQUA melakukan analisis minimal satu tahun untuk memilih sumber air yang dapat diolah menjadi air minum yang aman, bersih, tidak berasa, dan tidak berbau.

Itu belum cukup. AQUA masih melakukan 400 kali lebih pemeriksaan kualitas berikutnya supaya memastikan air tetap berkualitas. Dengan demikian, keamanan air AQUA pasti terjamin. Kalau sudah tahu sumber airnya, dalam menentukan air minum terbaik untuk dikonsumsi, lihat pula cara mengambil air. Ini penting karena kualitas air bisa menurun jika diambil dengan cara yang sembarangan. Dalam hal ini, AQUA memberi jaminan. Proses pengambilan air dilakukan dengan cermat. AQUA memilih mengalirkan langsung dari sumber air ke pabrik pengolahan supaya meminimalkan risiko terkontaminasi. Untuk melakukannya, air dialirkan lewat pipa stainless steel yang tahan karat. Dengan demikian, kemurnian dan kebaikan air tetap terjaga sampai ke tempat pengolahan. Cermati pula proses pengolahan dan pengemasan air mineral. Sekali lagi, agar bisa mendapat air mineral yang bagus untuk dikonsumsi, prosesnya harus steril dan bebas dari polutan. Langkah yang dilakukan AQUA bisa menjadi acuan. Sebelum air dikemas, proses penyaringan dan pembersihan dari kontaminasi mikrobiologi dilakukan. AQUA melakukan ratusan pemeriksaan untuk memastikan kebaikan alami dan kandungan asli air tersimpan di dalam kemasan.{4}

  1. https://www.gooddoctor.co.id/tips-kesehatan/nutrisi/cara-mengecilkan-perut-buncit/
  2. https://www.gooddoctor.co.id/tips-kesehatan/nutrisi/cara-mengecilkan-perut-buncit-tanpa-olahraga/
  3. https://www.alodokter.com/ini-cara-mengecilkan-perut-secara-alami-yang-praktis
  4. https://www.sehataqua.co.id/cara-memilih-air-minum-terbaik-untuk-dikonsumsi-setiap-hari/

Related posts