Corona: Cara Menghabiskan Waktu yang Efektif Selama 14 Hari Karantina di Rumah

  • Whatsapp
Cara Menghabiskan Waktu yang Efektif Selama 14 Hari Karantina di Rumah

Social distancing yang kini diterapkan oleh pemerintah dalam mencegah banyaknya kasus corona maka selama berada di rumah beberapa penelitian mengungkapkan bahwa berada di rumah akan membantu keuangan yang lebih baik. Selama melakukan aktifitas di rumah maka pengeluaran akan lebih sedikit karena berkurangnya aktifitas diluar rumah, seseorang juga tidak perlu mengeluarkan ongkos untuk transportasi, tidak perlu mengeluarkan uang untuk minuman selama di kantor. Selama bekerja di rumah maka para pekerja memiliki waktu luang untuk melakukan review terhadap pengeluaran, hal ini sekaligus menjadi bahan evaluasi keuangan yang perlu dilakukan untuk memperbaiki pengeluaran.

Selain itu, selama di rumah maka seseorang dapat belajar mengenai investasi walaupun saat ini ekonomi dan pasar saham sedang tidak dalam keadaan kondusif namun hal ini dapat dipelajari dan dilakukan setelah wabah selesai. Selama di rumah banyak sekali orang yang melakukan belanja online untuk mencari barang incaran yang diinginkan, hal ini akan membuat seseorang menjadi terlena sehingga yang perlu diperhatikan adalah tetap targetkan pemasukan sesuai dengan pengeluaran dan cashflow akan tetap terjaga selama melakukan aktifitas di rumah. Saat ini tingkat penyebaran Covid-19 dapat terjadi kapan saja dan dimana saja termasuk penggunaan uang kertas, selama di rumah transaksi keuangan dilakukan secara virtual sehingga penggunaan uang kertas menjadi lebih sedikit dengan hadirnya internet banking.

Untuk menghabiskan waktu selama 14 hari untuk mendukung kebijakan pemerintah mencegah penyebaran corona maka lakukan aktifitas berbeda setiap harinya. Hari pertama, lakukan brainstorming sederhana untuk mengetahui tujuan yang ingin dicapai, mengetahui beberapa masalah yang mungkin dihadapi, merinci beberapa langkah dan membuat aksi untuk menjadikan rencana suatu yang nyata. Pada hari kedua buatlah beberapa daftar untuk mengetahui beberapa teman atau kerabat yang dapat diandalkan untuk memberikan dukungan finansial, praktis hingga emosional sehingga akan mengurangi efek stres.

Tanam sesuatu yang berwarna hijau dengan efek positif pada penyakit jantung dengan terapi hortikultura. Dengan berkebun maka akan mengalihkan fokus dari stres dan menenangkan. Pada hari keempat minum teh teratur sehingga akan menurunkan hormon penyebab stres dan memberikan perasaan yang lebih rileks. Hari kelima mulai untuk memijat untuk mendapatkan relaksasi, seperti memijat bagian ibu jari kanan dan ibu jari kiri serta jari telunjuk dengan gerakan memutar dan menghitung dalam waktu 15 kali.

Pada hari keenam maka bermain game online atau bermain teka-teki sehingga akan memberikan suasana hati yang senang dan mengisi waktu setiap hari. Memasuki hari ketujuh fokus untuk mengubah pandangan, jangan lupa mengucap syukur untuk setiap hal kecil yang memberikan kondisi pikiran lebih baik. Dapat juga menggunakan warna pink sehingga akan menurunkan tekanan darah dan menenangkan pikiran, seperti mengganti gambar merah muda, menyimpan screen saver dan simpan kertas pada folder file merah dan meletakkan beberapa konsep untuk membuat rumah lebih cerah. Hari kesembilan matikan TV dan jauhkan berbagai berita yang sensitif dan menyebarkan berbagai info kepanikan.

Untuk mencegah corona dengan social distancing maka hari kesepuluh dapat berwisata kecil-kecilan di rumah jika memiliki taman. Hari ke sebelas maka lemaskan diri sehingga akan meringankan ketegangan otot pada tubuh. Hari keduabelas buang pikiran negatif dan memasuki hari ketigabelas maka bantu seseorang terutama ditengah WFH banyak masyarakat kecil yang terkena dampak dan hari ke empatbelas dapat dilakukan dengan tertawa untuk meningkatkan endorphin dan menjaga suasana hati.

Hosting Unlimited Indonesia

Related posts